Makanan khas Ramadhan dari Magelang yang harus kamu coba

Makanan makanan khas dari magelang yang hanya ada ketika bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri saja.

Magelang adalah kota unik dengan berbagai makanan khas yang beraneka ragam dengan rasa yang pastinya akan membuat Anda kangen untuk mencicipinya kembali.

Jika Anda berjalan jalan ke Magelang khususnya di daerah Borobudur atau Muntilan makan Anda akan bertemu dengan makanan khas Magelang yang hanya Ada di Muntilan atau seputaran Candi Borobudur.




Makanan khas magelang yang pertama adalah
  1. Jemunak atau cetot, Makanan khas Magelang yang terbuat dari ketela parutan yang dikukus dan disiram dengan gula jawa, sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.
  2. Kokrok, kokrok dengan jemunak hampir sama bedanya kokrok dibuat lebih kasar seperti menggunakan parutan keju sehingga singkongnya masih kasar, kemudian dikukus dengan parutan kelapa dan gula jawa.
  3. Kripik tahu khas Magelang, terbuat dari tahu bulan yang diiris menjadi dua atau di keluarkan isinya lalu digoreng hingga kering dan renyah. Selama Ramadhan dan lebaran kripik ini sangat banyak dijual di Magelang


Hidangan khas lebaran di Magelang

Selain makanan ringanan dan pembuka, Ada menu nikmat yang sebagian orang Magelang pasti sudah tahu dan mungkin sering membuatnya sendiri dirumah selama bulan Ramadhan ini untuk menu berbuka yaitu, Lele mangut khas Magelang.

Meni ini sangat digemari di Magelang, kalau Anda merasakan lebaran di Magelang mungkin Anda akan menemui makanan ini disetiap rumah warga untuk hidangan tamu atau keluarga yang berkunjung saat lebaran, jika ingin mencobanya silahkan berlibur dan lebaran di Magelang.

Lele Mangut

lauk hidangan lebaran berikutnya adalah Serundeng daging sapi atau kambing, ada kebiasaan unik yang dilakukan warga magelang menyambut lebaran yaitu patungan menyembelih sapi atau kambing untuk diolah menjadi serundeng khas lebaran.

Serundeng Daging

Berikutnya yang paling populer dan yang pasti sudah dikenal bahkan sampai di luar daerah Magelang adalah Opor entok Magelang. Menu ini sangat populer dikalangan pecinta wisata kuliner di Magelang terutama kawan kawan pecinta sepeda gunung di Magelang, mereka sering mampir di warung entok ketika hari minggu setelah bersepeda.

Rica atau Opor Entok

Tradisi menjamu dan mengagungkan tamu di Magelang ini adalah budaya yang luhur yang harus dilestarikan dan dijaga, Mari cintai kuliner Magelang dan lestarikan makanan khas magelang.

Komentar