Bagaimana Hukum Selfie Menurut Syariat Islam

Adapun selfie atau berfoto dan memamerkanya di media online hukumnya adalah haram, begini penjelasanya menurut saya.


Artikel ini sifatnya hanya ungkapan atau pemikiran dari penulis mengenai hukum berfoto selfie, tidak untuk diikuti atau di amalkan. Tidak ada ajakan atau hukum agama atau berkaitan dengan hadist.

Berfoto menurut saya sah sah saja, dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini berfoto sudah menjadi hal yang sangat mudah dilakukan siapa saja dan kapan saja dengan menggunakan kamera dari HP atau kamera digital. Lalu apakah hukum berfoto atau selfie itu haram saya sendiri belum tau persis hukum yang sebenarnya sesuai Alqur'an dan Alhadist.

Memahami dari hal yang paling sederhana tentang berselfie menurut saya ada baiknya dan ada buruknya, berikut foto yang baik atau bermanfaat.

Berfoto yang baik atau bermanfaat
  1. Berfoto keluarga atau dokumentasi acara acara tertentu seperti pernikahan atau acara keluarga yang niatnya baik tidak untuk dipamer pamerkan.
  2. Berfoto atau mengambil gambar untuk berita seperti yang dilakukan wartawan untuk hal yang bermanfaat untuk banyak orang.
  3. Berfoto atau mengambil gambar dalam rangka ibadah misalkan mengambil gambar jalan berlobang agar diperbaiki atau dilaporkan kepada yang berwenang memperbaiki ini lebih bermanfaat.
Berfoto yang tidak baik
  1. Berfoto dengan niat memperlihatkan kecantikan, aurat dan pamer keindahan tubuh jelas dilarang dalam agama.
  2. Berfoto bersama pesawat, dengan mobil mewah, atau tempat tempat wisata dengan niat pamer kepada teman temanya agar terlihat kaya dan sukses, ini juga tidak baik.
  3. Sengaja mengambil foto orang tanpa seijin yang difoto ini juga tidak baik karena berpotensi menjadi fitnah apa lagi diedit dengan hal yang buruk yang mencemarkan nama baik seseorang ini juga tidak baik.
Dan mungkin masih banyak lagi hal hal yang baik dan tidak baik mengenai berfoto dan Hukum selfie itu sendiri saya belum paham, setidaknya dengan memahami kebaikan dan keburukan yang diakibatkan dari berfoto kita bisa lebih berhati hati dalam menggunakan kamera.

Semoga bermanfaat, Terimakasih

Komentar