Pengertian Jihad di Jalan Alloh subhanahu wa ta'ala

Sholat merupakan hal yang paling utama yang akan di hisab - Jika sholatnya baik maka baik pula amal yang lainya.


Sungguh sholat adalah hal yang paling penting dalam kehidupan ini, Sholat merupakan amalan pertama yang akan di hisab dan dipertanggung jawabkan kepada Alloh SWT. Bahkan seorang pejuang dalam peperangan sekalipun tetap menegakan sholat lima waktu seperti yang ada dalam gambar di atas.

Mereka para mujahidin tidak hanya pandai berperang tapi mereka juga pandai ilmu Agama dan taat kepada Alloh SWT dan Rosululloh SAW. Banyak dari kita sering melalaikan Sholat lima waktu bahkan sering lalai untuk menuntut ilmu tentang Sholat. Berbicara mengenai ilmu sholat, apa yang terlihat dalam foto di atas adalah salah satu bukti bahwa seorang pejuang yang berjuang di jalan Alloh mereka memahami betul tata cara sholat dengan menggunakan sutroh dalam sholat mereka.

Apa itu sutroh?
Sutroh adalah sebuah tanda atau pembatas yang digunakan dalam sholat.


Sering kali dari kita melupakan hal ini, melintas seenaknya di depan orang yang sedang sholat, berjalan melenggang tanpa dosa. Padahal hal ini sangat dilarang oleh Nabi SAW dalam hadistnya berikut ini.

Dari Ibnu ‘Umar -Radhiyallahu ‘anhuma dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

Janganlah kalian shalat, kecuali menghadap sutrah dan janganlah kalian membiarkan seorangpun lewat di hadapanmu, jika dia menolak hendaklah kamu bunuh dia, karena sesungguhnya ada syetan yang bersamanya.[1]

Sutroh bisa dalam bentuk apa saja seperti pada gambar para pejuang di atas, mereka menggunakan basoka dan senjata mereka sebagai sutroh, ini membuktikan bahwa mereka juga sangat paham tentang ilmu sholat. Semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna, mari kita belajar ilmu tentang sholat dan mengikuti sunah sunah Nabi SAW sebagai pegangan hidup kita selamat di dunia dan ahirat, Amin.

Lalu Pengertian Tentang Jihad
Jihad berasal dari kata "jahada" yang berarti usaha, sebuah jihad berarti melakukan sebuah usaha atau perjuangan untuk kebaikan dan kemuliaan di jalan Alloh subhanahu wa ta'ala.

Jihad ada banyak caranya, yang pertama adalah jihad memerangi syetan yang selalu mengajak kita untuk berbuat keburukan di muka bumi ini, Jihad menegakan sholat berarti berusaha untuk taat dan menegakan sholat 5 waktu, Jihad menegakan puasa berarti berusaha melaksanakan ibadah puasa terutama puasa wajib, sedekah, membayar zakat dan masih banyak lagi jihat jihat yang baik.

Jihat Melawan Hawa Napsu
Napsu dan keserakahan adalah sifat dari syetan, Napsu akan jabatan, harta dan gemerlapnya dunia. Bayangkan jika suatu pemimpin seperti Presiden, DPR dan para pejabat lainya membayar zakat akan hartanya dengan jujur, maka rekening seorang pejabat tidak perlu di audit oleh KPK. Orang orang  yang beriman dan selalu berjihat melawan napsu keserakahan selalu mengeluarkan ZAKAT sebesar 2,5% dari harta yang dimilikinya. Logikanya kalau dia bayar 2,5% tentunya sudah diketahui berapa harta yang dimilikinya.

Demikian coretan saya semoga bermanfaat
Terimakasih,

Komentar