Magelang akan diserbu 1000 tenaga kerja asal china


KRjogja - Sehubungan adanya informasi mengenai akan di datangnya seribu Tenaga Kerja asal China ke Kabupaten Magelang, Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) setempat diminta untuk mengintensifkan pengawasan terhadap TKA. Terutama terkait legalitas dokumen izinpenempatan di perusahaan tempat mereka bekerja."Penempatan TKA pada suatu perusahaan tidak dapat dilakukan sembarangan, karena ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengusaha maupun TKA bersangkutan," kata Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Magelang, Sarwo Edi kepada KRjogja.com, Senin (05/09/2016).

Menurutnya, tugas pengawasan terhadap TKA tidak hanya menjadi tanggungjawab Disnakersostrans semata. Menurut dia, ada beberapa kriteria bagi TKA yang akan direkrut pengusaha di Indonesia, yakni mempunyai keahlian khusus yang tidak dimiliki tenaga lokal.Kepala Disnakersostrans, Endot Sudiyanto mengatakan, pihaknya akan menjalin koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait.
Termasuk mengajak segenap lapisan masyarakat untuk melakukan pengawasan bersama-sama sesuai kapasitas dan kewenangan di bidang masing-masing.Disebutkan, sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengusaha yang akan mempekerjakan TKA. Ketentuan itu diatur dalam Permenaker 16/2016 tentang Tata Cara Penggunaan TKA, BAB V Pasal 36. Antara lain, memiliki pendidikan yang sesuai syaratjabatan yang akan diduduki TKA.

Dia mencatat, sejauh ini ada sekitar 11 TKA menjadi ahli sejumlah perusahaan. Antara lain, di Aman Jiwo Hotel sebanyak empat TKA, Nanouk Hotel (1), PT Kapol Indonesia selaku distibutor hasil pertanian (1), PT Panca Persada Mulia produsen tekstil (1). Kemudian, PT Lotus Kayu Lima., industri kayu (1). PT Known You Seed bidang pertanian (1) dan PT Oriental Seed bidang pertanian (1). "Para TKA itu berasal dari China), Belgia, Swiss, Inggris, Taiwan, Belanda dan Korsel," ungkapnya.


Iklan cilik:
2 Hari jago jualan di Internet
Dibimbing step by step sampai mahir
via online facebook, whatsapp dan telegram

Belajar buat website & Toko online sendiri
Download koleksi E-Book lengkap membangun
website dan toko online sendiri sampai mahir

Catering nasi kotak murah di Magelang
Melayani pesanan nasi kotak dengan berbagai
menu seperti bakso, nasi entok, nasi goreng dll

Komentar